Pengelolaan Aplikasi Web dalam Web Hosting

Pengelolaan aplikasi web adalah langkah yang harus kita lakukan setelah membeli suatu web hosting. Di dalam titik ini, sama saja kita sudah mendapatkan tempat untuk web kita nantinya.

Aplikasi web berguna agar kita bisa mengontrol dan mengatur tampilan dan isi web kita seperti apa.

Pengelolaan ni dilakukan lewat cpanel atau disebut juga control panel hosting.
pengelolaan-aplikasi-web-dalam-web-hosting

Agar lancar dalam pengoperasian cpanel ini, saya akan jelaskan fungsi dasarnya.

Tata Cara Pengelolaan Aplikasi Web

Langkah pertama adalah kita harus cek email terlebih dahulu dari penyedia web hosting dan domain.

Hal ini penting karena setelah kita membeli suatu web hosting, kita akan mendapat email pemberitahuan tentang konfirmasi pembayaran, cara setting hosting dan domain.

Dari email juga saya mengetahui kesiapan dari web yang akan saya pakai. Ketika ada tulisan index/of bearti web saya sudah bisa digunakan.

Langkah kedua setelah kita mengetahui web kita sudah aktif adalah masuk ke web kita dengan domain yang kita beli.

Contohnya saya login dengan mengetik http://www.nama-situs-anda.com/cpanel pada browser. Sebelum masuk ke halaman cpanel, saya diminta untuk memasukkan username dan password yang dikirm melalui email saya.

Baru setelah login ternyata saya baru bisa masuk ke menu cpanel. Cpanel bisa juga dibilang pusat kendali website. Dari cpanel ini saya bisa mengatur situs web saya.

Namun ada baiknya kalau kita cek terlebih dahulu fitur-fitur yang ada di dalam cpanel ini. Paling tidak fitur di dalam cpanel ini sesuai dengan apa yag ditawarkan oleh web hoster seperti fitur email, ftp, statistik web, backup, web server dan lain-lain.

Setelah semua lancar, baru saya lanjut ke langkah ketiga yaitu menginstal aplikasi web server seperti wordpress untuk web saya.

Aplikasi lain juga bisa dipakai seperti jomla atau web forum atau yang lainnya disesuaikan dengan masing-masing pengguna. Untuk menginstal wordpress, perlu lewat fitur yang namanya Fantastico di cpanel.

Setelah wordpress terinstall, baru saya bisa mengisi web saya dengan artikel, gambar, dll.

Menurut saya ternyata pengelolaan aplikasi web dalam web hosting menjadi lebih mudah apabila wordpresss sudah terinstal.

Apalagi ketika saya akan login ke situs saya, tinggal ketik di browser http://www.nama-situs-anda/wp-admin/.

2 lagi informasi penting bahwa untuk masuk ke website kita, kita memasukkan username dan password untuk wordpress kita, bukan dengan username dan password dari cpanel kita tadi.

Email web ternyata juga bisa dibuat melalui cpanel ini. Saya tinggal klik email account kemudian tinggal memasukkan username dan password untuk email web ini. web hoster biasanya memberikan unlimited email account untuk website kita.

Fitur lain yang juga penting adalah fitur backup files pada cpanel. Saya melakukan backup ini paling tidak sebulan sekali agar apabila terjadi sesuatu pada web maka data tidak hilang. Caranya adalah saya masuk ke menu Files kemudian klik Backup Wizard.

Fitur yang tidak kalah penting yang saya gunakan di cpanel ini adalah Security. Hal ini saya lakukan untuk menjaga situs dari ancaman serangan pencurian oleh hacker.

Dengan keamanan yang kuat maka pengelolaan aplikasi web dalam web hosting menjadi lancar tanpa kendala.

Deskripsi: Pengelolaan aplikasi web dalam web hosting dengan mudah dan aman melalui cpanel untuk mengatur seluruh aktifitas saya saat memanage website pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *