Komponen Inti di Web Hosting yang Wajib Kamu Tahu

Saat awal membangun website, saya berpikir bahwa komponen inti di web hosting adalah hosting dan domain. Setelah mengalami sendiri ternyata saya perlu lebih banyak komponen untuk blog saya.

Meskipun ada banyak komponen namun hal ini tidak membuat proses pembuatan seb secara mandiri ini menjadi begitu sulit.
server-sebagai-komponen-inti-dalam-web-hosting

Berikut ini saya bagikan komponen-komponen yang saya perlukan saat membuat blog untuk pertama kalinya.

Daftar Komponen Inti di Web Hosting

  • Domain

Domain ini adalah alamat dari website kita. Dengan domain ini, pengunjung bisa meuju ke website kita dengan mengetikkan domain di browser mereka.

Sebagai contoh ada www.facebook.com. Ada lagi www.kaskus.co.id ataupun www.kemendikbud.go.id. Ada banyak lagi domain dengan ekstensi seperti .in, .info, .cc, .net, .org, .biz, .asia, .tv, .us, .co.uk, .web.id, dll.

Untuk domain ini juga hanya ada 1 di dunia maya dan sifatnya sewa selama satu tahun. Ketika domain yang kita pesan tidak familiar bisa langsung dapat dan dengan harga murah.

Namun untuk domain yang memang ada kemiripan dengan web terkenal, harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

  • Hosting

Hosting bisa juga disebut tempat dari website kita. Setelah ketemu alamatnya dengan domain maka rumah dari website kita adalah domain ini. Disinilah saya bisa menempatkan data dan juga aplikasi untuk menjalankan website.

Perusahaan penyedia hosting biasanya juga menawarkan domain dalam 1 paket sehingga semakin memudahkan pelanggan.

Untuk biaya yang ditawarkan sekitar 100 ribu sampai 200 ribu per tahun untuk hosting dan 100-200 ribu perbulan untuk domain. Dengan biaya sebesar ini cukup untuk pemula dalam mengembangkan websitenya.

  • Server

Server sendiri adalah kumpulan dari banyak hosting. Hal ini menjadikan server juga menjadi komponen inti di web hosting. Jika dilihat dari kapasitasnya, tentu sebuah server bisa menampung banyak sekali hosting.

Untuk website pribadi maupun bisnis yang masih tergolong kecil, maka tidak perlu menyewa sebuah server.

Server diperlukan oleh media online yang memang datanya luar biasa besar dan trafiknya luar biasa tinggi. Contoh pemakai server ini adalah perusahaan besar sekelas Google, Yahoo, Facebook, dll.

  • Cpanel

Suatu website perlu aplikasi yang berfungsi untuk mengatur tampilan, menata konten website, maupun menjaga agar konten selalu bisa ditampilkan secara online. Tugas dari semua aktifitas ini adalah melalui aplikasi Cpanel.

Melalui Cpanel ini juga kita bisa membuat email yang menggunakan nama sesuai dengan keinginan kita sendiri seperti mail@namadomain.com.

Dengan begitu banyaknya fitur di Cpanel ini memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal untuk website kita. Tentu sebagai pemula kita perlu mencoba dulu fungsi dari setiap menu di panel ini.

  • CMS

CMS atau Content Management System adalah aplikasi yang khusus mengatur konten di dalam web. Aplikasi ini diinstal terlebih dahulu di dalam Cpanel agar mudah dioperasikan.

Dengan memakai aplikasi ini, saya tidak perlu pusing lagi tentang kode-kode html maupun php yang begitu rumit dalam mengatur konten.

Dengan fungsinya yang begitu penting maka aplikasi ini juga termasuk ke dalam komponen inti di web hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *